Headline News :

Kamis, 17 Juni 2010

Wajar dan Kualitas Pendidikan Jadi Prioritas

Oleh MOHAMMAD NUH

Menteri Pendidikan Nasional

TERDAPAT dua prioritas program pendidikan yang menjadi target dalam rencana strategis (Renstra) 2010-2014 Kementerian Pendidikan Nasional Pertama adalah menyelesaikan program Wajib Belajar Sembilan Tahun (Wajar) dan kedua, pe ningkatan kualitas pendidikan.

Program Wajardilakukanguname ningkatkan aksesibilitas anak didik jangan ada lagi saudara-saudara dan anak-anak lau yang tidak terakses Wajar Jangan hanya karena perbedaan status osial sehingga mereka tidak bisa menikmati dunia pendidikan, apalagi perbedaan kewilayahan. Juga jangan membuat anak didik tidak bisa menikmati pendidikan.

Peningkatan kualitas pendidikan masih dititikberatkan pada relevansi pendidikan menengah, terutama menengah kejuruan, dan pendidikan tinggi kaitannya dengan dunia kerja. Program pendidikan yang mengarah ke dunia kerja menjadi prioritas untuk pendidikan kejuruan sehingga para lulusannya dapat langsung bekerja.

Kedua program itu hanya bagian dari prioritas program 100 Hari Kementerian Diknas Guna mencapai program 100 hari, tiga dari delapan program telah tercapai 100%, yakni penyediaan internet secara massal di sekolah, beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) untuk siswa SMA. SMK MA berprestasi dan kurang mampu, serta penyusunan Renstra 2010- 2014. Pencapaian lima program lain rata-rata sudah berjalan di atas 50%, yang bila dipersentasekan, maka pencapaian kinerja Kementerian Pendidikan Nasional hingga akhir Desember 2009 laki telah mencapai 70%.

Program penyediaan internet secara massal di sekolah dari target 17.500 sekolah telah tercapai 18.358 sekolah. Dari 33 provinsi, terdapat dua provinsi yang belum mendapatkan tambahan koneksi internet karena keterbatasan infrastruktur pendu-kung, yaitu Provinsi Maluku Utara dan Papua Barat Kementerian Diknas juga akan memasukkan tambahan koneksi internet dalam program khusus, tidak masuk dalam program 100 hari karena memang ketersediaan infrastruktur pendukungnya relatif terbatas.

Program lain yang telah selesai adalah beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) untuk siswa SMA SMK/MA berprestasi dan kurang mampu bagi 20 000 orang Kementerian Diknas juga telah selesai menyusun dokumen Rencana Strategis 2009-2014 0

0 komentar: