Headline News :

Rabu, 23 Juni 2010

TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan oleh seluruh negara di dunia. Peranan dan pengaruh bahasa Inggris sangat besar dalam kehidupan terutama yang berhubungan dengan dunia pendidikan, mulai dari sekolah dengan level terendah sampai tertinggi yaitu dari Playgroup/Taman Kanak-Kanak - Perguruan Tinggi serta di dunia kerja, bahasa Inggris juga telah menjadi syarat mutlak jika ingin mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan baik itu lokal maupun asing. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris sangatlah penting walaupun dalam penguasaannya ditemukan cukup banyak kendala terutama bagi negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, salah satunya adalah Indonesia. yang antara lain masih kurangnya motivasi dan keberanian untuk berbahasa Inggris, masih minimnya pengetahuan tentang bahasa Inggris, mind set masyarakat yang menganggap bahwa bahasa Inggris itu sulit, dll. Namun, permasalahan seperti itu tidaklah akan menjadi kendala yang berarti jika kita terus berusaha dan menerapkan cara jitu untuk memahami dan menguasainya,
yaitu dengan beberapa tips dibawah ini:

1. Belajar tiap hari
Cobalah untuk mengalokasikan beberapa saat setiap hari untuk belajar bahasa Inggris. Idealnya saat otak kita sedang bisa menerima dengan baik. Lebih baik belajar 30 menit per hari dibandingkan 3 jam per minggu. Jika dapat menyediakan waktu sejam perhari, cobalah untuk membaginya menjadi 2 atau 3 sesi. Bagi yang bekerja di kantor, mungkin memiliki waktu hanya sedikit seperti pada jam istirahat. Yang terpenting adalah kita dapat meluangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris walau barang sejenak.

2. Review secara teratur.
Ulangilah setiap materi yang sudah dipelajari beberapa kali. Berikan waktu kepada otak untuk mencerna materi tersebut, tetapi yakinkan bahwa jarak masing-masing materi tidak terlalu lama, misalnya lebih dari beberapa minggu. Jika tidak, kita mungkin saja akan melupakan apa yang sedang dipelajari. Pastikan kita telah memahami isi materi yang ada sebelum melanjutkan ke yang berikutnya.

3. Fokus pada hal yang menarik
Begitu kita sudah memahami dasar-dasar bahasa Inggris, segeralah praktekkan baik membaca/menulis/bicara mengenai hal-hal yang menarik. Dengan cara ini akan lebih mudah mengingat kata-kata, frase dan gramatikal. Karena pada dasarnya jika kita menyenangi sesuatu maka akan lebih mudah untuk mengaplikasikannya. Sebagai contoh melalui musik. Kalau kamu menyenangi nyanyi tapi tidak terlalu berminat sama bahasa Inggris, cobalah mulai mencari lagu-lagu berbahasa Inggris yang enak dan penyayinya kita sukai baik karena suaranya maupun tampangnya. Logikanya, kalau kita senang dengan lagu tersebut, kita akan berusaha untuk mengerti arti lagunya. Nah, secara tidak langsung kita sudah menyenangi bahasa Inggris lantaran lagu itu.

4. Perbanyak membaca buku, artikel, tulisan dalam bahasa Inggris.
Pada awal membaca pasti akan ada banyak kosakata yang kita tidak kenal. Jangan menyerah. Artikan setiap kata dengan bantuan kamus, dan tulis arti kata tersebut di bawahnya. Jika dilakukan secara kontinyu maka dalam beberapa minggu kita pun akan berhenti membuka kamus setiap 2 menit dalam membaca tulisan sejenis.

5. Perhatikan pengucapan kata.
Memang kadang sangat susah mengucapkan suatu kata bahasa Inggris dengan baik, tapi bukan berarti tidak mustahil. Logat tidak akan bisa hilang, tapi usahakan untuk memperhatikan pengucapan. Yang pertama harus dilakukan adalah menguasai penguasaan abjad, kemudian perhatikan phonetik yang sering dicantumkan dalam kamus. Kalau masih juga bingung, bisa dilihat di website Oxford English Dictionary. Penjelasan yang diberikan sangat jelas dan mudah dimengerti.

6. Perbanyak kosakata.
Luangkan waktu sekitar 15 menit setiap hari untuk belajar kosakata baru. Bisa dengan mengulang kosakanta yang didapat dari bacaan, berusaha mencerna lirik lagu, atau berusaha menangkap dialog film kesayangan. Tulis kosakata yang telah dipelajari di sebuah buku tulis khusus. Dengan begitu kosakata tidak akan hilang.

7. Coba menulis dalam bahasa Inggris.
Tidak berarti harus langsung menulis artikel atau karya sastra. Cukup kalimat-kaliamat pendek, disusul dengan paragraph pendek. Lalu coba koreksi sendiri tulisan tersebut. Jangan selalu mengandalkan Word Spelling Check, karena fungsi ini tidak bisa diandalkan untuk memeriksa kesalahan grammar.

Kuasailah grammar dasar dan ikuti peraturannya dengan telaten. Tidak perlu terburu-buru menulis kalimat yang panjang dan kompleks. Mulai dengan kalimat pendek dengan kosakata yang simple.

8. Cari teman ngobrol dalam bahasa Inggris.
Ajak teman-teman untuk meluangkan waktu berbicara bahasa Inggris, entah sekedar ngegosip, membaca dialog atau cerita, atau berdiskusi. Kalau malu, cari tempat yang dirasa cocok dan nyaman sehingga nantinya tidak akan merasa tertanggu dengan apapun. Kalau enggan, cukup latihan sendiri di kamar. Bisa dilakukan dengan melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris, membaca novel kesayangan atau tulisan berbahasa Inggris dengan lantang, melantunkan lagu atau puisi yang berbahasa Inggris.

9. Coba menonton film berbahasa Inggris
Tanpa membaca terjemahan serta mendengarkan berita berbahasa Inggris.. Mungkin pada awalnya akan membuat pusing kepala, tapi latihan ini sangat penting. Otak kita pun akan terlatih untuk ter-set dalam bahasa Inggris. Bisa berpikir dalam bahasa Inggris akan membantu ketika kita harus mendengarkan, berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris.

dikutip dari
 http://bahasainggris.net/belajar/01-cara-belajar-bahasa-inggris

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thx, pak ats artikelx...