Headline News :

Senin, 21 Oktober 2013

PLS UM Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Pembuatan Majalah




 










oleh:humas
 


Pelatihan Jurnalistik dan Pembuatan Majalah bagi Mahasiswa.


Malang. 25/11/2013. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kejurnalistikan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menggelar Pelatihan Kejurnalistikan dan Pembuatan Majalah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum'at (20/09/2013) di Aula Gedung E1,  yang  dihadiri oleh Ketua Jurusan (Kajur) PLS, Dr. Endang Sri Redjeki, M.S, Ketua Redaksi Majalah Spektrum PLS, Shinta Oktafiana, dan pemateri pelatihan yaitu Dr. Zulkarnain Nasution, M.Pd, M.Si., dan Habib Prastyo, S.Pd, serta 182 peserta yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2012 dan angkatan 2013.

Dalam sambutan Kajur PLS, Dr. Endang Sri Redjeki menyampaikan bahwa dalam hal akademisi mahasiswa dituntut untuk bisa melihat dan menulis. "Mahasiswa harus bisa menulis secara akademisi untuk memberikan informasi", ungkapnya. Pentingnya kemampuan menulis pada mahasiwa ini membawa dampak besar pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa. "Dimana mahasiswa dituntut memikirkan sesuatu yang terabaikan", tambahnya.
Acara diawali dengan pemaparan materi Teknik Menulis Artikel Populer dan PKM yang disampaikan oleh Dr. Zulkarnain Nasution, M.Pd., M.Si. Dalam materinya, Dr. Zulkarnaen Nasution menjelaskan bahwa ada enam tips memulai menulis sebuah artikel yaitu memilih topik, membuat kerangka tulisan, menabung kosa kata, membuat judul yang menarik. Pastikan membuat sub judul dengan lead menggoda. Lead merupakan tulisan pembuka. "Tulisan pembuka yang menjadi titik penting bagi pembaca," ungkapnya.
Kemudian dilanjutkan dengan materi PKM. PKM adalah kegiatan estrakurikuler untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai pemikir, kreatif dan inovatif. Ia juga menjelaskan bahwa ada delapan jenis PKM, yang terdiri dari PKM Penelitian (PKMP), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), PKM Penulisan Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM).
Kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi jurnalistik dan pembuatan majalah yang disampaikan oleh Habib Prastyo, S.Pd dari Buletin Ambulung BP-PAUDNI Regional IV Banjarbaru. Kegiatan jurnalistik adalah segala bentuk kegiatan yag dilakukan dan sarana yang digunakan dalam mencari, memproses dan menyusun berita hingga mencapai publik atau kelompok tertentu yang menaruh perhatian khusus pada hal-hal tertentu. "Kegiatan jurnalistik bersifat harian, berita-berita yang dikemas dalam bentuk cetakan yang disampaikan setiap hari," ungkapnya.
Dalam majalah tulisannya harus ditulis dengan Feature. Feature adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. Kelebihan feature adalah lebih menarik, humanis, serta faktanya tidak lekas basi karena dekat dengan kehidupan sehari-hari, memenuhi rasa ingin tahu, dan dituturkan dalam bentuk "cerita".
Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menulis dan mampu mengembangkan pemikiran kritisnya dalam sebuah tulisan. (OK)

0 komentar: